Langsung ke konten utama

Tahapan-Tahapan Untuk Menjadi Blogger Sukses



Kegiatan blogging saat ini sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat yang melek teknologi. Ada banyak faktor yang mendorong kita untuk terjun menjadi seorang blogger, yang paling mainstream saat ini adalah untuk mecari uang melalui internet. Padehal menurut saya itu salah besar, itu adalah kesalahan pertama yang dilakukan seorang blogger pemula mengingat fungsi web blog pada awalnya ada sebuah catatan harian pribadi yang di-online-kan sehingga bisa dibaca oleh orang yang jaraknya jauh dengan kita. 

Memang seiring perkembangan teknologi dan informasi, web blog pun ikut berkembang menjadi sebuah media yang bisa digunakan untuk menyebarluaskan informasi secara online. Tapi meskipun demikian untuk bisa sukses ngeblog tentu ada proses yang harus dilalui, tidak bisa semerta-merta buat blog lansung mendapatkan uang.

Sebenarnya masih ada blogger yang tidak melepaskan fungsi blog yang sesungguhnya yaitu sebagai sebuah catatan pribadi terutama blogger perempuan. Hanya saja sudah dikolaborasikan dengan penyampaian informasi untuk publik juga. Misalnya menceritan sebuah perjalanan berlibur kesuatu tempat, selain menuliskan kisah perjalanannya juga menceritakan atau mereview tentang objek wisatanya. Sehingga apabila seorang ingin mencari informasi tempat liburan secara online, blog tersebut juga bisa menjadi referensi.

Mengingat di era yang sudah serba online ini sebagian besar orang menggunakan fasilitas internet untuk mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan. Apabila kita banyak memberikan informasi yang bermanfaat melalui web blog, maka blog kita tersebut akan semakin ramai dikunjungi pengguna internet. Jika pengunjung blog kita sudah ramai, disinilah kita bisa monetize blog kita dengan berbagai program yang sesuai dengan informasi yang ada di blog kita. Monetize Blog (monetization) artinya menguangkan blog, sederhananya monetization berarti menerapkan metode-metode untuk menghasilkan uang dari konten yang ada di blog.

Setelah blog kita ramai dan di monetization dengan tepat, maka tanpa kita minta uang akan datang secara terus menerus selama kita mampu mempertahankan kualitas blog kita. Dan semua blogger yang sudah sukses juga pasti pernah melalui proses yang panjang. Tidak ada yang instant didunia ini termasuk “main” blog untuk menghasilkan uang.

Meskipun saya belum bisa dikatakan seorang blogger yang sukses, paling tidak saya ingin berbagi beberapa tahapan untuk memulai blog untuk mendapat uang melalui internet. Tidak ada jaminan sukses dari apa yang saya berikan ini karena sukses itu tergantung dari usaha kita sendiri, termasuk juga untuk menjadi blogger yang sukses.

Pertama, yang harus kita lakukan adalah menjadikan kegiatan blogging sebagai hobi. Karena dengan begitu kita ngeblog tidak akan merasa bosan dan tidak akan merasa gagal setelah lama sekalipun kita memberikan informasi yang bermanfaat tapi belum juga mendapatkan penghasilan.

Kedua, setelah kita hobi ngeblog yang penting untuk kita lakukan adalah memberikan informasi yang benmanfaat untuk orang banyak. Karena dengan demikian peluang kita untuk mendatangkan pengunjung akan semakin besar. Siapa yang akan mengunjungi blog kita jika tidak memuat konten yang bermanfaat. Ingat tidak ada uang di blog, tapi pengunjunglah yang bisa kita jadikan uang. Dan yang jelas apapun yang kita lakukan jika bermanfaat, maka tidak ada yang sia-sia meskipun kita belum juga mendapatkan keuntungan dalam bentuk materi atau uang.

Ketiga, membangun kepercayaan pengunjung terhadap konten blog kita juga merupakan hal yang sangat penting. Pengunjung tidak akan datang dua kali apabila menemukan informasi yang tidak benar, apalagi sampai mengecewakan. Selain kebenaran sebuah informasi juga, keaslian sebuah koten juga akan mempengaruhi kepercayaan pengunjung. Meskipun blog kita menyuguhkan informasi yang bermanfaat, tapi bukan karya sendiri seperti copy paste dari situs lain yang hanya memodifikasi judul tentu pengunjung akan kecewa. Terlebih lagi jika pengunjung tersebut ternyata sudah membaca informasi disitus aslinya.

Keempat, memberikan kemudahan pengunjung untuk mendapatkan informasi selanjutnya juga harus kita lakukan. Misalnya menyediakan widget sosial media untuk mereka ikuti di blog, sehingga saat kita share posting ke media mereka akan dengan mudah menemukannya. Selain itu penting juga menyediakan fasilitas subscribe untuk mereka yang ingin mendapatkan informasi lansung dari blog kita melalui email.

Kelima, memberikan ruang dan fasilitas kepada pengunjung untuk mengetahui siapa diri kita juga sangat perlu untuk kita lakukan. Misalnya membuat sebuah halaman perkenalan kita dan menyediakan kontak seperti email ataupun yang lainnya. Karena jika pengunjung sudah “tergila-gila” dengan blog kita tidak menutup kemungkinan mereka ingin menghubungi kita secara lansung. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan ada advertiser yang mau beriklan, memberikan job blog posting, paid review atau yang lainnya di blog kita.

Keenam, membangun jaringan dengan sesama blogger merupakan bagian dari jalan untuk menjadi blogger yang sukses. Ada banyak komunitas-komunitas blogger yang bisa anda ikuti. Dengan mengikuti banyak komunitas, maka informasi yang berkaitan dengan kegitan blogging bisa kita dapatkan dengan mudah.

Ketujuh, fokus, konsisten dan komitmet harus ada dalam diri kita dan wajib untuk kita pertahankan karena tanpa ketiga elemen tersebut, apapun yang sudah kita lakukan akan menjadi sia-sia.

Demikian tulisan saya yang masih sangat jauh dari sempurna tentang 7 hal yang harus kita lakukan ketika ingin terjun ke dunia blogging atau biasa disebut seorang blogger. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Apabila ada yang belum tersampaikan silahkan beri tambahan melalui kolom komentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Input/Output pada sistem operasi

Manajemen Input/Output Pekerjaan utama yang paling sering dilakukan oleh sistem komputer selain melakukan komputasi adalah Input/Output (I/O). Dalam kenyataannya, waktu yang digunakan untuk komputasi lebih sedikit dibandingkan waktu untuk I/O. Ditambah lagi dengan banyaknya variasi perangkat I/O sehingga membuat manajemen I/O menjadi komponen yang penting bagi sebuah sistem operasi. Sistem operasi juga sering disebut device manager , karena sistem operasi mengatur berbagai macam perangkat ( device ). Fungsi-fungsi sistem operasi untuk sistem I/O: Penyanggaan ( buffering ). Menampung data sementara dari/ke perangkat I/O Penjadwalan ( scheduling ). Melakukan penjadualan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien. Spooling. Meletakkan suatu pekerjaan program pada penyangga, agar setiap perangkat dapat mengaksesnya saat perangkat tersebut siap. Menyediakan driver perangkat yang umum. Driver digunakan agar sistem operasi dapat memberi perintah untuk melakukan operasi pada p

Teknik Breeding Merpati Balap

BREEDING SEPERTI APA UNTUK MENDAPATKAN BURUNG BERKUALITAS pertama niat, selanjutnya cara crossing & harapan Breeding atau istilahnya ternak, merupakan hal mudah. Yakni memadukan dua indukan jantan dan betina dengan cara disilangkan. Muncullah anakan. Tapi, bukan hal seperti itu yang diinginkan, melainkan bagaimana menciptakan hasil ternakan kualitas super seperti apa yang diharapkan. Mampu menciptakan sprint cepat dan tembak keras ditangan joki. Hasil akhir, pembalap meraih juara. Bila dijual harganya bisa puluhan juta, bahkan ratusan juta. Bisakah?? Bagi penghobi pemula, menyilangkan kedua indukan bukan hal mudah. Tentu perlu pengalaman dan belajar lebih dalam tentang ilmu breeding. Kali ini, AGROBUR kembali membahas cara breeding ala mania Bali, yang mencoba memadukan berbagai teory breeding yang didapat. Meski hasilnya tidak 100%. Minimal, bisa mendekati apa yang diharapkan. Menurut Jaladri, kalau kita berbicara detail (belajar) awal kali akan ternak dengan me

Cara Membedakan Telur Jantan dan betina

Cara MEMBEDAKAN TELUR MERPATI JANTAN DAN BETINA Cara Pertama  Telur Jantan atau Telur Betina  : Cara yang disarankan adalah melihat bentuk telur. Kalau telur lonjong atau cungkup, maka kemungkinan jantan. Kalau bentuknya bulat maka kemungkinan besar ia betina. Yang dimaksud telur lonjong adalah, membentuk titik pada ujung telur yang lonjong tersebut maka dia adalah bibit telur jantan. Sedangkan yang cenderung bulat dia bakal menjadi telur betina. Tingkat kepastian tidak dapat dipastikan. Beberapa sumber mengatakan bahwa kepastiannya sekitar 70-80%. Dengan kata lain, jika penentuan telur ditetapkan dengan cara ini, maka dari 10 telur yang dianggap betina, masih ada dua atau 3 telur dengan bentuk yang sama, tetapi jantan. Cara Kedua  Telur Jantan atau Telur Betina : Cara ini tidak ada dasar ilmiahnya juga. Saya gunakan pendulum (bandul) seperti yang didapat dari beberapa referensi web site. Untuk gampangnya saja, saya gunakan pendulum dengan menggun